Tips bangun untuk sholat malam

membiasakan diri untuk bangun malam untuk mendirikan sholat memang sulit, karena tubuh dan jiwa belum terbiasa, apalagi yang baru-baru belajar bangun malam untuk sholat malam. terkadang kita merasa mudah sekali meluangkan waktu untuk bisa tetap terbangun untuk urusan duniawi dan sering kita bisa terbangun jika ada acara untuk duniawi yang menuntut kita bisa untuk bangun lebih awal. namun jika panggilan Tuhan terkadang itu terasa berat sekali. padahal Allah menjelaskan dalam sQS. Al Isro' : 79. "Dan pada sebahagian malam hari, kerjakanlah sholat tahajud sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Robb-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji." 

Besarnya pahala yang dijanjikan Allah terkadang tidak juga melecut hati kita agar bisa melaksanakan kebaikan-kebaikan yang telah dianjurkanNYA. yaitu sholat tahajut meskipun itu hanya ibadah sunnah namun bisa mengangkat derejat kita ketempat yang terpuji. meski sudah berusaha untuk bangun namun karena belum terbiasa tubuh masih terasa berat untuk melakukannya. maka lihatlah bagaimana perjuangan Rasulullah SAW dalam menegakkan Agama Allah SWT yang diriwayatkan Aisyah r.a, ia berkata :
" Nabi saw mengerjakan sholat malam hingga bengkak kedua telapak kaki beliau,lalu aku katakan kepada beliau,'Mengapa engkau melakukan seperti ini, ya Rosulullah, padahal dosamu yang lalu maupun yang akan datang telah diampuni oleh Allah?'Beliau menjawab,'Apakah aku tidak boleh menjadi hamba Allah yang bersyukur?"
(HR Bukhori VIII/449 dan Muslim 2819 dan 2820)

berikut ini tips-tips bagaimana kita bisa membiasakan diri agar bisa bangun untuk menunaikan sholat sunnah malam :
1. Niatkan dalam hati
2. Kuatkan azzam atau tekad
3. Berwudhu lah sebelum tidur
4. Merengkan tubuh kesebalah kanan
5. Tidak lupa berdoa
6. Pasang Alrm
7. Boleh minta di bangunkan dengan ortu atau saudara
8. Gunakan Call Friend to Friend


InsyaAllah Allah akan membangun kan kita meski tanpa alarm pun disamping tempat tidur kita. karena kita sudah berazam dan meniatkan hati karena Allah ta'ala.



0 komentar:

Posting Komentar

 
Home | Gallery | Tutorials | Freebies | About Us | Contact Us

Copyright © 2009 zahra |Designed by Templatemo |Converted to blogger by BloggerThemes.Net

Usage Rights

DesignBlog BloggerTheme comes under a Creative Commons License.This template is free of charge to create a personal blog.You can make changes to the templates to suit your needs.But You must keep the footer links Intact.